Senin, 14 Januari 2013

Input Device, Output Device, Proses device, Backing Storage, Peripheral device



  •                       Input Device
Input Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat masukkan menerima input dari luar sistem dapat berupa Signal Input atau Maintanance Input. Signal Input berupa data yang di masukkan ke dalam sistem komputer, Maintanance Input berupa program yang di gunakan untuk mengolah data yang di masukkan.

Contoh gambar Input Device:

  •           OutputDevice
Output Device adalah komputer yang berfungsi / perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa Hardcopy (hasil di kertas), Softcopy (ke monitor) atapun berupa suara (voice).

Contoh gambar Output Device (Soft copy):




Proses Device
 Unit pemprosesan yang berada dalam komputer adalah Central Processing Unit(CPU). CPU merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi.
Tiga unsur penting dalam CPU, yaitu primary storage, arithmatic logic uinit dancontrol unit.
1. Primary storage adalah ukuran besarnya processor atau biasa disebut  dengan main memory.
2. Arithmatic logic unit adalah suatu alat yang bertugas melakukan perhitungan dalam komputer
3. control unit adalah merupakan suatu alat pengontrolan yang berada dalam komputer yang memberitahukan unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan didalam primary storage. Control unit juga bertugas memberitahukan kepada arthmatic logic unit mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data diperoleh, dan letak hasil ditempatkan

Contoh gambar Primary storage:
  • PENYIMPANAN (Backing Storage) 

Adalah suatu wadah untuk menyimpan data pada komputer, sering di sebuh dengan nama Memori.






Memori ini juga terdiri atas dua macam, yaitu:
yang pertama, Read only memori (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dihapus, dirubah dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer (bawaan). isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. sebagian perintah yang ada di ROM akan dipindahkan ke RAM. perintah yang ada di ROM antara lain: perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencetak semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. tapi pada saat sekarang ini ROM telah mengalami perkembangan dan banyak macamnya, antara lain:
1. PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang dapat kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan, setelah itu tidak dapat diprogram.
2. RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi prom dimana kita dapat melakukan perubahan berulangkali sesuai dengna yang diinginkan.
3. EPROM (Erasable Program ROM)
, merupakan ROM yang dapat kita hapus dan program
kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.
4. .EEPROM (Electrically Erasable Program ROM)
perkembangan mutakhir dari ROM dimana
kita dapat mengubah dan menghapus program ROM dengan menggunkan teknik elektrik.
EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini.
yang kedua, Random Access Memory (RAM), yaitu memori yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan dar RAM ini adalah mempercepat pemrosesan data pada komputer.


  • Peripheral Device

Adalah hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat peripheral wireless. Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing.









0 komentar:

Poskan Komentar